Teknik Dasar Arung Jeram / Rafting

safety rafting - keamanan rafting- arung jeram pujon

Arung Jeram atau Rafting adalah olahraga yang dilakukan di sungai berarus deras dan berjeram dan menggunakan perahu karet. Olahraga ini dilakukan per team dalam perahu dengan rata-rata 6 orang per perahu dengan didampingi 1 orang leader atau biasa disebut dengan istilah skipper. Masing-masing anggota wajib mengenakan alat keamanan berupa pelampung, helm, dan dayung. Bahkan lebih dianjurkan dalam 1 team membawa peralatan penyelamatan yaitu throwbag (tali tampar) atau body flip.

Alat-alat keamanan tersebut memiliki kegunaaannya sendiri-sendiri untuk menjaga keselamatan anggota team Rafting. Karena itu perlu dilakukan pengarahkan tentang penggunaan alat-alat keamanan Rafting tersebut dan teknik-teknik saat melakukan berarung Jeram. Berikut ulasan mengenai teknik dasar dalam berarung jeram.

Pertama adalah teknik dayung, ada 3 bagian dayung yaitu T Grip (pegangan berbentuk huruf T), batang, dan blade. Cara memegang dayung jika anda duduk disisi sebelah kiri perahu, genggam T grip dengan tangan kanan anda dan dengan cara meletakan keempat jari diatas bagian horisontal dan ibu jari dibagian bawahnya. kemudian tangan sebelah kiri memegang bagian batang tepat di bagian tengahnya. Teknik tersebut berfungsi untuk memaksimalkan power dan menjaga keamanan ketika mendayung agar controling dayungan lebih baik.

Terdapat beberapa teknik dayungan seperti, dayung maju yaitu ayun atau dorong dayung ke depan, kemudian masukkan blade ke air (hingga ½ dari blade masuk) kemudian tarik kebelakang. Ada baiknya kita mengayunkan blade ke depan posisi tangan juga lurus kedepan dan saat menarik gunakan otot pinggang ketika menariknya. Dayung maju ini berfungsi untuk menambah kecepatan laju perahu.

Yang ke-2 ada teknik dayung mundur, teknik ini kebalikan dari dayung maju, yaitu tarik dayung kebelakang diatas permukaan air kemudian masukkan blade kedalam air dan dorong kedepan hingga tangan lurus kedepan. Dayung mundur inti berfungsi untuk menahan laju perahu atau berjalan mundur jika dibutuhkan. Selanjutnya ada teknik dayung tarik dimana teknik ini memiliki 2 macam teknik yakni “kanan tarik” dan “kiri tarik”.  Yang terakhir ada teknik dayung pancung , dayungan yang biasa dilakukan oleh para pendayung depan apabila ingin melakukan manuver perahu. Teknik dayungan ini biasa dilakukan untuk manuver secara cepat untuk menghindari hambatan seperti batu atau pilow.

Hal yang juga harus diperhatikan saat melakukan Arung Jeram atau rafting adalah paham tentang morfologi sungai. Sebuah pengetahuan tentang karakteristik sungai yang terdiri dari bentukan sungai, lebar penampang sungai, arus dan berbagai element yang ada di sungai tersebut seperti batu-batuan ataupun hambatan yang lain. Tujuannya adalah untuk mendukung teknik pembacaan jeram atau arus hingga kita bisa mengantisipasi dengan teknik-teknik khusus. Ada 13 istilah morfologi sungai yang sering ditemui antara lain, arus utama (mainstream), gelombang berdiri (standing wave), arus balik (back curling), pusaran air (eddies), hole, pillow, arus belokan (bends), lidah air (tongue of rapid), batuan (boulders, stoppers), Penyempitan Penampang Sungai (Bottle Neck), Pendangkalan sungai (shallows), Hambatan (Strainer) dan Undercut (Lobang Maut). Pengetahuan tentang morfologi sungai inipun sangat berkaitan erat dengan faktor keamanan dan keselamatan serta kenyamanan dalam mengarungi jeram sungai. Karena dengan mengerti karakteristik sungai dengan baik maka para anggota tim Arung Jeram atau Rafting akan tahu titik-titik bahaya dari bentukan-bentukan sungai yang dapat membahayakan terutama yang dipengaruhi oleh faktor alam.

Bagi Anda yang sedang berlibur di Kota Malang dan ingin melakukan permainan atau olahraga Airsoft Gun dapat menghubungi kami.

Untuk konsultasi Training Motivasi Malang, OutboundMalang, Batu Rafting, Kaliwatu Rafting, Wisata Malang, Travel dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut :

JAKARTA

Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220

Mobile: 0813-3466-4876 / 0853-1109-1054

SURABAYA

Jl. Nginden Semolo 44 Surabaya

Mobile: 0878-3615-2078 / 0857-5505-9965

MALANG

Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang

Mobile : 0822-3108-0521 / 0858-1219-5551

No. Telp : 0341 5032699

Email :

indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *