10 Tips Rafting Atau Arung Jeram Pemula

RAFTING PUJON MALANG – Rafting atau Arung jeram pastinya sering sekali kalian dengar di kalangan wisata petualangan. Bagi kalian pemula dalam mengikuti rekreasi Rafting jangan cemas , kami akan memberikan beberapa tips untuk pemula.  Yuks Perhatikan tips dibawah ini untuk Anda merasa aman dan tidak perlu cemas lagi untuk mengikuti kegiatan rafting.

1.Pastikan tubuh Anda dalam keadaan Fit

Keadaan tubuh yang Fit merupakan syarat utama untuk Melakukan rafting atau arung jeram.  Hal ini tentunya sangat penting sehingga Anda akan merasa nyaman dan menyenangkan serta dapat menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti kram, pingsan dan lain sebagainya.

2.Gunakan Pakaian yang tepat

Pakaian yang tepat dimaksud adalah pakaian yang nyaman , tidak mudah menyerap air dan pastinya yang membuat mudah bergerak.

3.Lakukan Pemansan sebelum Rafting

Melakukan Pemanasan guna untuk peregangan otot  sendiri dimana rafting ini sangat penuh dengan goncangan tubuh. Pemanasan yang Anda lakukan adalah pemanasan ringan , pelemasan otot-otot tubuh seperti kaki, leher, lengan dan jari serta lakukan lompat-lompat ringan untuk menghindari kram.

4.Perhatikan kondisi perut

Rafting atau arung jeram olahraga yang membutuhkan banyak tenaga dan energy sehingga Anda harus mengisi perut Anda. Untuk waktu yang tepat mengisi perut Anda yaitu 2- 3 jam sebelum rafting. Karena jika mengisi beberapa saat sebelum rafting Anda akan merasa muasl-mual bahkan bisa muntah.

5.Tentukan Sungai

Pastikan kamu mengetahui rafting di sungai mana. Bagi kamu pemula sungai dengan level 3 sangat cocok untuk kamu. Sungai level 3 yaitu banyak bebatuan besar  , arus yang cukup besar tetapi tidak begitu susah dan cukup menantang.

6.Pilihlah operator rafting yang sudah professional

Mengetahui operator rafting dengan cara melihat-melihat komentar pengunjung melalui online atau informasi secara offline.

7.Posisi Duduk

Posisi duduk yang tepat yaitu duduk di tepi perahu agar keseimbangan  diatas perahu terjaga. Jika kamu duduk di sebelah kiri perahu genggam tongkat dayung pada bagian tengah sedangkan jika kamu duduk di sebelah kanan genggamlah tongkat dayung membentuk huruf T dengan menggunakan telapak tangan kananmu.

8.Jangan Panik Disaat perahu terbalik

Melakukan rafting pastinya olahraga yang penuh tantangan. Ketika perahu terbalik tetap tenang atau tidak panik. Pelampung yang kamu gunakan akan membuat kamu tetap mengapung.

9.Have fun tetapi jangan sampai lengah

Ketika kamu rafting pastinya kamu akan bersenang-senang , bercanda dan bersuka ria. Bersenang-senang saat rafting itu sudah biasa tetapi jangan pernah mengesampingkan faktor-faktor keselamtan.Tetaplah fokus untuk tetap aman dan keselamatan dirimu.

10.Saat Terjatuh

Jika kamu terlempar atau terjatuh ke sungai tetaplah tenang. Ketika akan berenang  arahkan tubuhmu ke atas atau bawa secara terlentang dan ikuti arus air jangan melawan arus. Angkat kaki ke depan untuk mengetahui batu dan menahan dengan kaki.

Itulah 10 tips Rafting untuk pemula dan walaupun tidak bisa berenang masih bisa melakukan dengan tips yang sudah saya berikan semoga bermanfaat. Selamat Mencoba.  Jangan lupa Rafting di Pujon Malang ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *